Senin, 22 Oktober 2012

Media Sosial Sains untuk Ilmuwan & Akademisi


  1. Academia.edu adalah medsos saintifik yang termasuk paling populer. Ia dikembangkan secara non-profit, dan telah tercatat memiliki hampir 2 juta profil anggota. Sementara itu, researchgate.net adalah mensos saintifik yang juga populer, dan memiliki lebih dari 2 juta profil
  2. Researchgate.net mencatat, bahwa profil member yang paling banyak adalah berasal dari ilmu kedokteran, juga dapat mendeteksi impact factor dari Jurnal ilmiah yang kita input. Sementara itu, citeulike.org sudah mengindeks lebih dari 6 juta artikel dalam databasenya.
  3. Researcherid.com, yang dimiliki oleh Thomson-Reuters, memiliki misi yang berbeda dengan medsos saintifik lain. Keunggulan yang ditawarkan oleh researcherid.com adalah memberikan nomor id unik bagi setiap profil yang didaftarkan.
  4. Mendeley.com agak berbeda dengan yang lain. Mengapa? Sebab, walau memiliki fitur yang kurang lebih sama seperti medsos lain seperti academia.edu dan researchgate.net, Ia memiliki aplikasi desktop untuk mengatur sitasi artikel kita.
  5. citeulike.org
  6. epernicus.com
  7. linkedin.com

1 komentar: